Windows 11 vs Windows 10, diuji: Apakah akan meningkatkan sistem operasi mempercepat PC Anda saat ini?

Kami membandingkan laptop Dell baru-baru ini di bawah kedua versi Windows untuk melihat perbedaan kinerja dalam aplikasi sehari-hari.

windows 11 vs windows 10

Windows 11 vs Windows 10

Windows 11 ada di sini, meskipun masih merupakan upgrade opsional untuk siapa saja di desktop dan laptop yang ada yang memenuhi syarat untuk itu. PC baru akan semakin mulai dikirimkan dengan Windows 11 pra-instal, sehingga tingkat adopsi secara bertahap akan meningkat pada tahun 2022 dan seterusnya. Jika Anda tergoda untuk mencoba Windows 11 pada PC yang didukung yang Anda miliki, atau jika Anda akan segera membeli mesin baru dengan sistem operasi terbaru Microsoft, Anda mungkin bertanya-tanya apakah dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi kinerja aplikasi yang Anda gunakan setiap hari.

Untungnya, kami di sini untuk membantu. Apakah Windows 11 menawarkan kinerja yang unggul, berkurang, atau identik dengan Windows 10, kami ingin menempatkan data empiris di balik spekulasi ini. Untuk tujuan ini, kami menguji laptop sebelum dan sesudah upgrade ke sistem operasi baru, menjalankan serangkaian tes yang sama pada Windows 10 dan kemudian Windows 11, untuk menilai dampak dari upgrade.

Dell Inspiron 14 7415 2-in-1

Tentu saja, beberapa peningkatan efisiensi untuk Windows 11 yang telah menginvestasikan waktu dan upaya Microsoft tidak muncul dalam tes kinerja murni seperti ini. Microsoft mengklaim peningkatan kecepatan penjelajahan web, file Pembaruan Windows yang lebih kecil, dan peningkatan keamanan, tetapi ini tidak bermain langsung ke dalam kekuatan produktivitas mentah. Pikirkan aspek-aspek Windows 11 ini sebagai saus khusus yang mudah digunakan di atas UI dasar dan potensi keuntungan kinerja.

Laptop yang kami gunakan dan tes benchmark

Laptop yang dimaksud untuk pengalaman Windows 11 ini adalah Dell Inspiron 14 7415 2-in-1. Mesin ini bukan workaholic produktivitas, tetapi laptop dari perwakilan penggunaan umum harian dari jenis yang rata-rata pengguna akan terhubung ke di rumah setiap hari. Kami secara khusus memilihnya karena ini adalah sistem berbasis AMD Ryzen, dilengkapi dengan prosesor Ryzen 7 5700U dan memori 16GB. Pada awal siklus peluncuran Windows 11, Microsoft memperingatkan terhadap penurunan kinerja prosesor Ryzen pada Windows 11, tetapi sejak itu mendorong pembaruan yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah ini. Dari angka-angka di sini, tampaknya telah bekerja. (Lebih lanjut tentang itu dalam sekejap.)

Dell Inspiron 14 7415 2-in-1 windows 11

Pada $ 999,99 seperti yang diuji, model Inspiron ini bukan laptop anggaran, tetapi mewakili mesin konsumen yang baik dan solid untuk konsumen yang cerdas.

Penjelasan kami yang biasa tentang tes ulasan laptop akan memberi tahu Anda secara mendalam tes benchmark apa yang kami jalankan dan bagaimana mereka menekankan laptop, tetapi gambaran singkat harus membantu. PCMark 10, Geek bench, Cinebench dan plugin Photoshop kami dari produsen workstation Puget Systems adalah tes yang mereplikasi beban kerja nyata (secara sintetis dalam kasus dua yang pertama, atau menggunakan aplikasi nyata di dua kedua) dan menghasilkan skor kepemilikan. PCMark 10 mensimulasikan sejumlah tindakan dan program desktop dan produktivitas nyata (panggilan video, pekerjaan spreadsheet, dll.), Sementara Geek bench dan Cinebench adalah uji coba siting CPU, yang terakhir mensimulasikan rendering gambar berbasis PROSESOR di perangkat lunak Maxon. The Puget Bench plug-in menjalankan Adobe Photoshop CC melalui serangkaian tindakan Photoshop khas (ukuran ulang gambar, menerapkan filter, dll).

Keempat tes ini menghasilkan angka kinerja eksklusif khusus untuk tes ini, lebih tinggi menjadi lebih baik. Skor ini tidak memiliki arti penting dalam isolasi, tetapi mereka dapat dibandingkan langsung satu sama lain dalam serangkaian hasil tes yang sama untuk menunjukkan perbedaan kinerja.

Tes terbaru kami, Handbrake 1.4, sementara itu, adalah tes alat dunia nyata. Di dalamnya kami menyandikan file video 4K tertentu dan waktu yang dibutuhkan. (Waktu render adalah skor, dan waktu yang lebih rendah lebih baik.)

Anda dapat meninjau metodologi ini pada tautan penjelasan di atas, atau langsung melompat ke hasil di bawah ini. Juga lihat ulasan Windows 11 kami yang terpisah, untuk detail lebih lanjut tentang manfaat dan fitur yang seharusnya dibawa oleh sistem operasi terbaru Microsoft.

Hasilnya: Stabil saat Anda pergi

Kami menjalankan laptop sampel Inspiron melalui program pengujian kami di Windows 10 dengan pembaruan terbaru, dan kemudian menerima tawaran alat Pembaruan Windows untuk mendorong sistem ke Windows 11. Setelah ini selesai dan sistem operasi Windows 11 sepenuhnya diperbarui ke dorongan terbaru, kami menjalankan suite benchmark penuh lagi.

Tabel di bawah ini berisi hasil laptop ini untuk tes ini pada Windows 10 dan 11. (Tekan panah atau menu drop-down untuk melihat hasil dari lima tes yang berbeda.) Jadi, tanpa basa-basi lagi...

Dell Inspiron 14 7415 2-in-1 pc mark
Source Image : PCMag

Ada satu hal yang perlu diingat dengan jelas di sini, dan dalam istilah sederhana, kami belum melihat banyak perbedaan dalam kinerja antara kedua sistem operasi. Tidak ada banyak nuansa atau kompleksitas untuk tes ini atau laptop ini (misalnya, tidak ada mode berbasis perangkat lunak berkinerja tinggi khusus, seperti yang Anda lihat dengan beberapa laptop gaming atau workstation seluler). Tes benchmark sederhana dan telah dijalankan pada hampir 100 laptop di laboratorium kami tahun ini, jadi kami mengenalnya dengan baik. Dengan demikian, Anda terutama dapat mengambil angka di kaki surat.

Berikut adalah ringkasan perbedaan yang disajikan dalam bentuk persentase ...

Dell Inspiron 14 7415 2-in-1 hasil akhir
Source Image : PCMag

Perbedaan antara Windows 11 dan 10 bisa kecil, pada kenyataannya terutama dalam apa yang kita anggap sebagai margin of error. Memang, apa pun di bawah 2% yang umumnya kita anggap sebagai varians yang mungkin dari satu ras ke ras lainnya. Tapi mari kita lihat lebih dekat hasilnya. Hasil Windows 11 sebagian besar berada pada batas jumlah Windows 10, bahkan jika itu tidak banyak. PCMark 10, skor Geek benchet Photoshop semuanya lebih tinggi pada Windows 11, hingga tingkat yang bervariasi. Beberapa dari mereka sedikit di luar margin kesalahan normal dan lebih kecil yang biasanya terjadi dari satu lari ke yang berikutnya, jadi mungkin ada sesuatu tentang perbedaan sistem operasi di sini. Anggap saja sebagai kemenangan kecil untuk kinerja Windows 11.

Pengecualiannya adalah Cinebench, yang membukukan skor lebih tinggi pada Windows 10 dari 200 poin. Tak satu pun dari margin ini di kedua arah sangat berarti untuk penggunaan praktis di dunia nyata, pada akhir hari - tidak ada kesenjangan 200 poin pada Cinebench, kesenjangan 132 poin pada PCMark 10, dan terutama bukan perbedaan 5 poin pada ukuran Photoshop Puget Bench akan terlihat dalam penggunaan reguler. Paling-paling, itu sedikit luar biasa bahwa tingkat perbedaan begitu konstan (sekitar 2% sampai 3%, dalam empat dari lima kasus), bahkan jika mereka praktis sama. Tapi seperti berdiri, keuntungan pergi ke Windows 11.

Selain itu, perlu diulang: ini adalah sistem berdasarkan Ryzen, dan berdasarkan umpan balik pertama, kami akan berharap untuk melihat perbedaan besar di sini, jika kami melihatnya di mana saja. Di sisi Intel, ada satu faktor utama yang belum dapat kami konfirmasi di laptop. Chip generasi terbaru Intel, Alder Lake, menawarkan efisiensi bawaan yang membawa kinerjanya ke tingkat berikutnya. Yang utama dari ini adalah utilitas sistem yang disebut Thread Director, penjadwal khusus Windows 11 yang dikendalikan oleh mikrokontroler baru pada prosesor yang membantu mengarahkan lalu lintas CPU dan daya lebih efisien saat mengerjakan tugas. Microsoft tidak memiliki rencana untuk memperkenalkan Thread Director di Windows 10.

Dalam ulasan kami tentang prosesor desktop Intel Core i9-12900K Alder Lake unggulan yang kuat, kami terkesan dengan perbedaan chip ini dari generasi sebelumnya (bukan hanya berkat Thread Director, pikiran Anda), akhirnya menarik Intel ke tingkat silikon Ryzen konsumen high-end AMD pada tugas pembuatan konten. (Lebih banyak tentang ini di link.)

Kami tidak sabar untuk melihat Thread Director beraksi (dan mengujinya) pada laptop berbasis Alder Lake ketika mereka tersedia, tetapi mereka belum dirilis, dan chip seluler Alder Lake bahkan belum diumumkan, meskipun Intel telah mengkonfirmasi bahwa mereka benar-benar akan datang. Ini adalah jenis alur kerja harian dan produktivitas yang harus mendapat manfaat. Tentu saja, prosesor seluler Alder Lake kemungkinan hanya akan dikirim ke laptop dengan Windows 11 pra-instal, bukan 10, jadi intinya mungkin bisa diperdebatkan.

Jadi, haruskah Anda meningkatkan?

Berdasarkan hasil ini, tidak ada alasan untuk menunda upgrade ke Windows 11 secara kinerja murni. Ada banyak pertimbangan lain apakah Anda ingin memperbarui (misalnya, pendapat Anda tentang perubahan UI yang dibawa 11). Tetapi kekhawatiran tentang potensi penurunan kinerja tidak dibenarkan berdasarkan hasil ini, bahkan dengan laptop berbasis Ryzen ini.

Mungkin ada sedikit lebih banyak variasi pada tingkat kinerja kelas atas, di mana semua efisiensi Windows 11 lebih mungkin untuk menunjukkan otot-otot mereka. Media khusus dan mesin produktivitas seperti ini, bagaimanapun, akan membanggakan memiliki perangkat keras high-end, bagaimanapun, jauh lebih tergantung pada prosesor tertentu dan komponen lain yang mereka gunakan. Namun, pengguna ini mungkin juga bertanggung jawab atas versi spesifik Windows yang diizinkan untuk mereka gunakan untuk pekerjaan departemen TI mereka, atau karena kompatibilitas versi perangkat lunak.

Rekomendasi kami bagi mereka yang tertarik pada sistem operasi baru, dan yang tidak memiliki 10 kebutuhan khusus, adalah untuk melanjutkan dan meningkatkan jika Anda ragu-ragu tentang aspek kinerja. Anda tidak akan mendapatkan banyak, jika sama sekali, kecepatan yang nyata, tetapi Anda akan memiliki akses ke perubahan OS dan kenyamanan yang dibawa Windows 11 ke meja. Namun, jika Anda masih belum yakin tentang sistem operasi itu sendiri, bahkan mengingat hasil ini, baca ulasan Windows 11 lengkap kami dan tinjau ulang fitur-fitur barunya.

Belum ada Komentar untuk "Windows 11 vs Windows 10, diuji: Apakah akan meningkatkan sistem operasi mempercepat PC Anda saat ini?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel